aplikasi sosiometri

Sosiometri adalah suatu metode dalam pengumpulan data (assesment) serta sebagai alat analisis data mengenai suatu pilihan di dalam kelompok dan pola hubungan antar individu dalam suatu kelompok. Atau dalam bahasa sederhana sosiometri adalah alat untuk mengetahui siapa yang disenangi dan siapa yang tidak di senangi dalam kelompok.



Dalam implementasinya seseorang diminta untuk memilih satu atau beberapa orang berdasarkan kriteria tertentu, misalnya teman yang kalian senangi, dll/. setelah semua data terkumpul dari semua orang yang ada dalam satu kelompok. mana nanti akan tampak siapa anggota kelompok tersebut yang menjadi primadona atau bahasa lainya adalah populer dan siapa yang tidak terpilih atau terisolir.
sosiometri ini sangat membantu sekali di dalam dunia pendidikan, terutama dalam mengungkap relasi pertemanan di suatu kelas. adanya gank atau kelompok-kelompok tertentu bisa di deteksi sejak dini.

Alhamdulillah sekarang sudah ada aplikasi yang dapat kita gunakan untuk membuat sosiometri, yaitu aplikasi sosiometri. cara kerjanya adalah terlebih dahulu download aplikasinya di link bawah ini, lalu instal sebagaimana instal aplikasi lainnya. setelah di instal buka aplikasi dan ketik judul dan pilihan jumlah dll. lalu entri data yang terlebih dahulu di minta dari siswa yaitu berupa angket. lalu setelah itu klik proses. kita lihat hasilnya.

silahkan yang ingin mencobanya. 

klik download untuk mendownload.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "aplikasi sosiometri"

Posting Komentar