Definisi Bakat dan Ciri-ciri Anak Berbakat


APAKAH BAKAT ITU? 
Bakat adalah kemampuan yang dibawa sejak lahir. Bakat sendiri berupa pola pikir, kepandaian atau kemampuan yang kita miliki sejak lahir, jika kita berusaha untuk membukanya maka talenta yang diberikan Tuhan akan menjadi sia-sia. Jadi usaha dan talenta adalah jalan untuk sukses bagi seseorang didalam kehidupannya. Kemampuan tersebut jika diberi kesempatan untuk berkembang melalui belajar, akan menjadi kecakapan yang nyata. Sementara itu, apabila tidak dikembangkan melalui belajar, kemampuan tersebut tidak akan menjadi kecakapan nyata. Bakat yang tidak dikembangkan disebut bakat yang terpendam.
Ciri-Ciri Anak Berbakat
Menurut Renzulli dan kawan-kawan ciri anak berbakat adalah: memiliki  Kemampuan diatas rata-rata, daya kreatifitas yang tinggi, dan memiliki tanggung jawab atau pengikatan diri terhadap tugas. Menurut Parker (1975) adalah ciri anak berbakat sejak kecil lebih aktif danlebih menaruh perhatian terhadap lingkungannya walaupun ada beberapa anak berbakat lambat dalam perkembangan motorik. sedangkan menurut R.A. Martison dalam bukunya The Identification of the Gifted adn Talented (1974), ciri anak berbakat diantaranya:
  • Membaca pada usia yang relati lebih muda
  • Mempunyai rasa ingin tahu yang kuat
  •  Mempunyai inisiatif bekerja sendiri
  • Senang mencoba hal-hal baru

Perbedaan Bakat, Kemampuan, Kapasitas, dan Prestasi

Ternyata antara bakat, kemampuan dan kapasitas serta prestasi memiliki makna yang sangat beda namun merupakan satu kesatuan yang sulit untuk dipisahkan.
  1. Bakat merupakan kemampuan yang ada sejak lahir dan masih perlu dikembangkan melalui proses belajar.
  2. Kemampuan merupakan daya untuk melakukan tindakan sebagai hasil dari pembawaan dan latihan.
  3. Kapasitas adalah kemampuan yang dapat dikembangkan sepenuhnya dimasa mendatang apabila kondisi tersebut dikembangkan seca optimal.
  4. Prestasi adalah hasil olahan antara bakat dan kemampuan seseorang.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Definisi Bakat dan Ciri-ciri Anak Berbakat"

Posting Komentar